Bangunan peninggalan presiden sukarno



Seperti kita ketahui bahwa soekarno / sukarno adalah presiden RI yang pertama dimana beliau adalah juga seorang insinyur. Dengan kemampuan nya sebagai arsitek maka banyak bangunan-bangunan peninggalan presiden sukarno yang ada di jakarta .


Sosok presiden sukarno sangat berperan penting dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Sebagai presiden pertama RI dan jakarta adalah ibukota RI maka wajar saja bila sukarno ingin membangun bangunan yang megah dan berkelas di ibukota karena tidak ingin bangsa indonesia ini dipandang remeh oleh dunia dan juga bangunan-bangunan itu merupakan fasilitas pelengkap dari sebuah ibukota negara.

Pada saat ini beberapa bangunan peninggalan sukarno itu seringkali dikunjungi wisatawan karena telah beralih menjadi tempat wisata sejarah.
Berikut ini beberapa bangunan peninggalan soekarno tersebut :


1. Masjid Istiqlal .


Mesjid istiqlal mulai dibangun pada 24 Agustus 1951 dan selesai dibangun tanggal 22 Februari 1978. Mesjid yang berlokasi di bekas Taman Wilhelmina, ditimur laut lapangan Medan Merdeka ini selain digunakan sebagai aktivitas ibadah umat islam juga digunakan sebagai kantor berbagai organisasi Islam di Indonesia, aktivitas sosial, dan kegiatan umum. Masjid ini juga menjadi salah satu daya tarik wisata yang terkenal di Jakarta.


2. Monas.


Pembangunan monumen nasional ini dimulai pada tanggal 17 Agustus 1961 di bawah perintah presiden Sukarno, dan dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975. Pembangunan tugu Monas bertujuan mengenang dan melestarikan perjuangan bangsa Indonesia pada masa revolusi kemerdekaan 1945, agar terus membangkitkan inspirasi dan semangat patriotisme generasi penerus.


3. Patung Dirgantara .


Banyak orang mengenal patung dirgantara dengan sebutan patung pancoran. Bung karno sebagai penggagas sampai menjual mobil pribadinya agar patung ini selesai dibuat. Tetapi ketika dalam tahap akhir penyelesaian tanggal 21 juni 1970 sukarno keburu meninggal dunia. Monumen patung dirgantara sampai kini masih tegak berdiri, walaupun pada waktu itu tidak pernah diresmikan oleh presiden soeharto. Yang menjadi pertanyaan sampai sekarang adalah patung pancoran menunjuk ke arah mana ? Kesuatu tempatkah ?


4. Wisma Nusantara .


Wisma nusantara mulai dibangun pada tahun 1964 dan selesai tahun 1967, merupakan gedung pencakar langit pertama di Indonesia yang mempunyai ketinggian di atas 100 meter. Wisma Nusantara merupakan gedung perkantoran setinggi 117 meter dan 30 lantai yang terletak di Bundaran HI, Jakarta.


5. Hotel Indonesia.


Hotel indonesia diresmikan pada tanggal 5 Agustus 1962 oleh Presiden RI Pertama Soekarno untuk menyambut Asian Games IV tahun 1962. Hotel Indonesia adalah hotel berbintang pertama yang dibangun di Jakarta, Indonesia.


6. Stadion Gelora Bung Karno.


Stadion ini dinamai Stadion Gelora Bung Karno adalah untuk menghormati Soekarno, Presiden pertama Indonesia, yang juga merupakan tokoh yang mencetuskan gagasan pembangunan kompleks olahraga ini. Stadion berkapasitas 88.083 penonton ini mulai dibangun pada 8 Februari 1960, dan dibuka 24 Agustus 1962. Stadion Gelora Bung Karno ini umumnya digunakan sebagai arena pertandingan sepak bola tingkat internasional.

Related Posts:

0 Response to "Bangunan peninggalan presiden sukarno"

Posting Komentar